MACAM-MACAM TANAMAN HIAS MURAH

Siapa sih didunia ini yang tidak mengenal tanaman hias? Tentu akan sangat familiar ketika mendengar kata benda tadi.Dan jika di lihat hal tersebut memang sangat mempunyai peran yang vital bagi taman,yaitu sebagai fungsi dekoratif untuk menghiasi area tertentu diupayakan agar kesan  tampilan taman  akan menghadirkan suasana yang berbeda dengan yang lainnya.

Kiat memelihara Tanaman Hias

jasa-taman-jogja

Anda mempunyai minat yang besar terhadap berbagai macam jenis tanaman,tentu saja anda harus mengimbangi dengan pengetahuan yang cukup mengenai cara teknis merawat tanaman tersebut.Jangan sampai hal-hal yang tidak di inginkan terjadi,misal tanaman tiba-tiba layu,atau stres bahkan mengalami kematian.Tentu jangan sampai terjadi yang demikian karena akan sangat merugikan.

Di bawah ini saya tulis kiat dan tips menjaga tanaman untuk hiasan yang baik dan tepat untuk di lakukan:

  • Memilih tanaman hias yang sesuai dengan lokasi tempat

Sebelum anda membeli pastikan terlebih dahulu kondisi tempat yang nantinya akan dijadikan habitat tanaman tersebut.Dikarenakan ada 2 jenis tanaman yang dapat dikategorikan sesuai dengan tempatnya yaitu tanaman hias tahan terhadap sinar matahari langsung dan tanaman yang khusus untuk area redup atau lembab.Dan carilah karakter tanaman yang mudah hidup dan gampang cara merawatnya serta tidak mudah cepat mengotori tempat atau ruangan.Kadang ada beberapa yang daunnya mudah rontok berjatuhan sehingga akan sangat payah dalam pembersihannya.

  • Penyiraman secara teratur dan berkala

Ingat setiap tanaman hias mempunyai nilai dan kadar kebutuhan air yang diperlukan.Tidak serta merta dan tidak pula dapat menjamin hidup dan bagus dengan cara menyiram tanaman dengan air yang banyak.Terdapat tanaman yang cara  dan dosis keperluan airnya untuk hidup tinggi,karena tanaman yang bersifat kering akan layu jika kita terlalu sering menyiram.Namun ada pula yang dengan yang tidak sama sekali membutuhkan air setiap bulannya,misal tanaman seperti bunga teratai.

Jadi yang sangat di anjurkan adalah lakukan hal tersebut dengan benar,pastikan tanaman yang kita rawat tersebut butuh air yang banyak atau sedikit.

  • Pembersihan rutin dan kontinyu

Kadang kala sebuah tanaman akan mengalami masa daun yang tidak sama,sehingga ada kalanya dalam tempo yang cepat tiba-tiba daun berguguran dan ini  adalah hal yang lumrah.Yang perlu kita laksanakan adalah melakukan pencabutan terhadap daun yang telah mengering dan bersihan yang rontok.

Jangan sampai terlupakan untuk menjaga tumbuhnya rumput liar atau gulma disekeliling tanaman tersebut.Dikarenakan dengan hadirnya hal tersebut akan mengurangi kualitas tanaman hias dan akan mengakibatkan kondisi ruangan lebih terkesan kumuh.Maka dianjurkan untuk melakukan penyiangan rutin terhadap tanaman pengganggu.

  • Pemberian pupuk dengan secukupnya

Hal yang selalu diremehkan adalah kita menanam lalu dibiarkan hidup begitu saja.Ini adalah persepsi yang salah kaprah.Dibutuhkan zat-zat tertentu bagi tumbuhan atau tanaman untuk tetap hidup dan berkembang.Maka proses pemupukan harus diutamakan dengan kadar yang cukup namun optimal hasilnya.

Cara ini pun juga mempunyai kaidah-kaidah,jangan asal memberi pupuk bukan hasil baik yang didapatkan malah tanaman tiba-tiba mati total.Setelah tanam,akar perlu menyesuaian dengan tempat yang baru sehingga butuh beberapa minggu untuk menguat.Jadi setelah itu lakukan pemupukan secara tepat dengan takaran secukupnya.

  • Pilihlah media tanamnya yang sesuai

Dilihat dari berbagai jenisnya,tanaman pun terkadang akan berbeda untuk media tanamnya.Meski hal ini tidak mempengaruhi proses hidup,namun seringkali bisa menjadi penyebab yang sangat menentukan bagi pertumbuhan tanaman itu.Banyak tanaman akan sangat menyukai jika media yang digunakan untuk menempel begitu sesuai.Jadi harap diindahkan dalam membelinya.

Tersedia bermacam-macam bentuk dan jenis dari tempat hidupnya,ada yang berupa sabut kelapa,pakis,arang,dan pot.

Macam Produk Tanaman Di Tilik Dari Cara Membuatnya

Jika kita membicarakan cara atau teknik yang diatas maka kesimpulannya adalah salah satu cara menghasilkan atau produksi sebuah tanaman hias dengan cara tertentu.Didunia modern sekarang ini telah banyak ditemukan metode untuk mendapatkan varian baru dan bentuk serta karakteristik seminim mungkin agar memperoleh tampilan yang agak berbeda dengan tumbuhan aslinya.

jasa-taman-jogja

Langkah-langkah telah banyak ditempuh sehingga saat ini mulai bermunculan jenis dan variates terbarukan di pasar pertamanan,baik skala local maupun nasional.Berikut beberapa macam produk yang dapat dihasilkan dengan cara-cara yang saya sebutkan diatas :

  • Kokedama – Sistem dan cara ini sering disebut dengan bola lumut penghias rumah,kokedama adalah tanaman hias yang dipasang dengan menerapkan lumut.Negara seperti jepang sering menggunakan cara tersebut dan sering digunakan untuk model taman minimalis.
  • Tanaman Hias Mini – Adalah tanaman yang dibentuk menjadi bentuk dan ukurannya seminimal mungkin.Beberapa jenis tanaman ini misal kaktus,peace lili dan caladium.
  • Bonsai – Ini lebih mengarah kepada pengerdilan dengan cara khusus dan harus dilakukan dengan tingkat kesulitan yang tinggi.Daya tarik dari utama dari bonsai ialah terletak pada lekukan dahan dan batang serta keseimbangan dari bentuk potongan daunnya.

Itulah ragam tanaman hias jikalau dilihat dari cara dan teknis pembuatannya,sangat unik,menarik dan mampu memberikan warna terbaru dalam dunia pertamanan.

Contoh-contoh Tanaman Berukuran Mini

Mempersolek wujud taman atau ruangan dengan menempatkan tanaman hias sebagai background memang sangat memberi panorama baru.Warna hidup akan semakin lebih komplit dan ketenangan anggota keluarga menjadi nilai yang diprioritaskan dari hal yang lainnya.

Untuk itu dibawah ini kami jelaskan berbagai jenis tanaman hias yang berukuran kecil yang tepat untuk menggambarkan nuansa rumah anda :

  • Adenium – Termasuk jenis tanaman sekulen yang ciri khususnya mempunyai bonggol yang sangat imut dan unik.Tanaman ini begitu sangat popular dan banyak diminati sebagai salah satu elemen pembangun dekorasi tempat tertentu.Tanaman ini akan memperlihatkan kesan indah bila ditaruh pada pot yang tidak terlalu dalam dikarenakan akan memnjadikan bentuk bonggol semakin bagus.Taruhlah tanaman ini ditempat yang intensitas sinar mataharinya tidak terlalu tinggi.
  • Senseviera – Tanaman yang sangat popular di Indonesia,dan sering diberi nama dengan lidah mertua,terkesan lucu namun tetap indah mempesona.Bentuk daunnya panjang meruncing seperti keris atau pisau.Sangat mudah dalam perawatannya yang kadang menjadi alas an orang-orang untuk membelinya.
  • Bromela – Tergolong kedalam keluarga dari nanas-nanasan ( Bromeliaceae) Yang berasal dari daratan Amerika dan Afrika.Ciri khasnya adalah lembaran daunnyan bergerigi.Ada beberapa macam bromelia yaitu imperial,merah,kuning dan bromelia kuning.
  • Rombusa – termasuk tanaman perdu kecil bersifat semak,terlihat rimbun,berbunga putih kecil menyerupai bintang.Digunakan sebagai penutup tanah,tanaman pagar dan pembatas.Tahan panas dan kering,kuat banting atau bandel.Rekomendasi dataran tinggi-rendah dan tempat tumbuh optimal bersuhu sedang.Macamnya rombusa mini,golden dan silver.
  • Brokoli Kuning – Sering disebut dengan pinodia,berwarna kuning cerah dengan lekukan yang khas.
  • Sambang Darah – tumbuhan berkhasiat obat dan bersifat racun,asal muasalnya dari China dan Asia Tenggara.Di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan nama,daun remek daging dan ki sambang.Manakala digores akan mengeluarkan sejenis getah putih,beranting dan beruas dengan corak hijau,merah keunguan.Harus rajin memangkas ujung daunnya agar tidak terlihat padat.Tanaman ini mengandung asam shikimat,tanin,triterpenoi eksokarol.Informasi lain,bahwa di India tanaman ini dipakai untuk mengobati penyakit ayan.

Originally posted 2020-04-03 21:25:58.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *